Bilangan Prima Mersenne

Baru-baru ini telah ditemukan bilangan prima mersenne yang ke 49. ini adalah bilangan terbesar yang pernah ada. Penemuan bilangan prima terbesar digagas oleh Dr. Curtis Cooper dari University of Central Missouri. Bilangan prima yang ditrmukannya adalah M74207281. Kalau dijabarkan, bilangan ini terdiri dari 22.338.618 digit.

02-14

Bilangan prima Mersenne adalah bilangan prima dengan digit yang sangat banyak yang dinotasikan M_p adalah bilangan prima yang mempunyai bentuk 2^p-1 dengan p juga bilangan prima.

Prima Mersenne sudah dipelajari oleh matematikana Yunani kuno, lebih dari 2400 tahun yang lalu.  Nama bilangn “Prima Mersenne” diambil dari nama pendeta Jesuit asal Prancis yang hidup di abad pertengahan Marin Mersenne (1588–1648). Pendeta ini merupakan orang yang membuat daftar Prima Mersenne saat itu.

Sampai detik ini para Matematikawan belum mengetahui apakah prima Mersenne termasuk himpunan bilangan berhingga atau tak berhingga? Pencarian prima Mersenne masih terus dilakukan. Bahkan, untuk menemukan bilangan besar ini dibentuklah Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

GIMPS adalah proyek kerjasama global yang bersifat suka-rela untuk mencari prima Mersenne. GIMPS bahkan menyediakan hadiah sampai US$ 150.000,- bagi yang berhasil menemukan prima Mersenne baru. cukup menggiurkan bukan?

Apa kegunaaan bilangan prima mersenne?

Bilangan prima umumnya berguna untuk pembacaan sandi atau cryptanalysis. Bilangan prima bisa menjamin keamanan transaksi online seperti perbankan, termasuk chatting, dan belanja. semakin besar digit bilangan prima semakin banyak data yang dapat diselamatkan. Jadi bilangan prima mersenne dapat dipakai untuk menguji hardware komputer. Dengan menggunakan bilangan prima, bisa ditemukan kalau ada permasalahan khusus dalam prosesor komputer.

referensi

https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170308111826-445-198640/ini-bilangan-prima-terbesar-di-dunia/

http://ultimagz.com/iptek/penemuan-bilangan-prima-terbesar-baru/

Prima Mersenne

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s