Asal Muasal Virus komputer

pemilik komputer harus berhati-hati dengan serangan virus. jika pengamanan komputer kurang, serangan virus dapat saja menyerang semua program komputer. Virus komputer sangat dihindarai pemilik perangkat komputer.

Tahukan Anda Virus komputer pada awal perkembangannya adalah permainan untuk mengisi waktu luang ilmuan komputer?

pada tahun 1960 di AT&T Bell Laboratory yang merupakan laboratorium komputer raksasa di dunia, pada saat rehat para ilmuwan komputer yang bekerja di laboratorium tersebut membuat sebuah permainan yang disebut dengan Perang Program atau Core War. Core War itu sendiri adalah membuat suatu program yang dibuat guna menyerang, memperbaiki dan memusnahkan.

Pemenang dalam permainan program ini yaitu pemilik program yang memiliki sisa program terbanyak dalam waktu yang telah ditentukan. Sebenarnya virus termasuk sebuah program/software, namun virus diciptakan untuk hal-hal yang berdampak merugikan.

Sekitar tahun 1983, Frederick B. Cohen, Seorang ilmuwan komputer Amerika dan dikenal sebagai penemu teknik pertahanan virus komputer, menulis sebuah program yang dapat menguasai sebuah sistem operasi komputer. Program tersebut merupakan salah satu virus komputer pertama. Dengan memodifikasi mereka untuk menyertakan versi atas hasil revolusi dari diri mereka sendiri.” Cohen menciptakan virus Unix, yang menjadi virus komputer pertama. Saluran distribusi virus, di antaranya dapat melalui komputer rumahan seperti Apple II, atau Amiga, melalui floppy disk, dan kemudian melalui jaringan Internet, juga software bajakan. Pada dasarnya, virus terdiri dari virus boot sector, dan virus file.

Pada tahun 1986, virus Brain boot sector menyebar ke seluruh dunia. Tanpa niat buruk, seorang remaja Pakistan yang ingin melacak perangkat lunak bajakan medis, melakukannya menggunakan Brain. Kemudian, Brain dikenal sebagai salah satu virus paling berbahaya.

Pada akhir 1980-an, terkuak juga virus virus Cascade, dengan pengoperasian perangkat lunak berbahaya. Cascade dapat menghancurkan file secara tiba-tiba, dan dapat menyerang sewak tuwaktu dengan malware yang tidak terdeteksi. Namun, sebenarnya tidak ada yang hancur, hanya saja menyembunyikan dan menyalin file-nya secara diam-diam. Pada awal tahun 90-an, beredar juga program dan virus jahat yang semakin mengancam. Pada tahun 1991, sudah lebih dari 300 virus yang beredar. Sampai tahun 2001, terjadi serangan virus secara besar-besaran yang membuat serangan virus melalui email, dari keseluruhan pengguna komputer, 90 persen terinfeksi. Pada tahun yang sama, worm Klez melihat kepanikan global tentang enam dari sepuluh infeksi menyerang para penggunanya, Tiga tahun kemudian, MyDoom membawa lalu lintas internet ke peranti virtual. Yang paling banyak digunakan saat ini. Karena itu, ada baiknya kita mulai peduli terhadap data yang kita miliki, meskipun ada di dakam perangkat mobile.

Referensi:

https://teknorus.com/sejarah-virus-komputer/

http://ilmupengetahuan.org/sejarah-perkembangan-virus-komputer/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s