Pembengkakan Jantung

Jantung membengkak, Mungkin istilah ini masih terdengar aneh! Teringat waktu kecil orang tua sering melarang “jangan minum kebanyakan, nanti jantungnya tenggelam”. Saya kira pembengkakan jantung juga, salah satu istilah yang dipakai orang tua.

Rupanya bukan, dokter katang mengunakan istilah yang dapat dipahami orang awam untuk menjelaskan gejala kesehatan. Dalam bahasa kedokteran istilah “pembengkakan jantung” semakna dengan Kardiomelagi.

Penyebab jantung bengkak adalah pelonggaran pada otot jantung sehingga jantung anda berukuran lebih besar. Jika normalnya jantung hanya seukuran kepalan tangan, maka akan terjadi peningkatan volume pada bilik jantung dan bisa juga penebalan terhadap jantung itu sendiri.

Berikut penyebab jantung bengkak yang telah diketahui hingga saat ini:
  • Darah tinggi. Darah tinggi membuat jantung memompa lebih keras untuk memenuhi aliran darah ke seluruh tubuh, jika ini berlangsung lama maka jantung akan memperbesar diri dengan penebalan otot jantung. Hipertensi dapat menyebabkan ventrikel kiri membesar, menyebabkan otot jantung akhirnya melemah. Tekanan darah tinggi juga dapat memperbesar ruang atas jantung (atrium).
  • Penyakit katup jantung. Empat katup dalam jantung menjaga darah mengalir ke arah yang benar. Jika katup rusak oleh kondisi seperti demam rematik, kelainan jantung, infeksi (endokarditis infeksius), gangguan jaringan ikat, obat-obatan tertentu atau perawatan radiasi untuk kanker, maka bisa menyebabkan jantung membesar.
  • Penyakit otot jantung (kardiomiopati). Ketika penebalan dan kekakuan otot jantung berkembang, maka jantung akan membengkak dalam usahanya memompa lebih banyak darah ke tubuh.
  • Hipertensi pulmonal. Tekanan darah tinggi pada arteri yang menghubungkan jantung dan paru-paru. Suatu ketika jantung harus memompa lebih keras untuk memindahkan darah antara paru-paru dan jantung. Akibatnya, jantung sebelah kanan bisa membesar.
  • Kurang darah merah (anemia). Anemia adalah suatu kondisi di mana tidak ada sel-sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup dan memadai untuk jaringan. Anemia kronis yang tidak diobati dapat menyebabkan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur. Hal ini terjadi karena jantung harus memompa lebih banyak darah untuk menebus kekurangan oksigen dalam darah.
  • Gangguan tiroid. Masalah pada tiroid baik itu tiroid kurang aktif (hipotiroidisme) ataupun kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat menyebabkan masalah jantung, termasuk pembengkakan jantung.
  • Amiloidosis. Penyakit langka yang dapat mempengaruhi jantung, merupakan suatu kondisi di mana protein abnormal beredar dalam darah dan dapat disimpan dalam jantung, mengganggu fungsi jantung dan menyebabkannya membesar.

Gejala dan Penyebab Jantung Bengkak

nyeri pada bagian dada adalah salah satu gejala jantung bengkak

Pembengkakan pada jantung sebenarnya bisa diidentifikasi sendiri. Tubuh akan memberikan respon tersendiri jika jantung membesar dari biasanya. Berikut adalah penyebab jantung bengkak dan gejalanya:

  • Sesak nafas. Ini hal yang akan pertama kali terjadi, jika penderita penyakit jantung akan sembuh dengan berbaring, maka hal tersebut tidak menolong saat jantung membengkak.
  • Berat badan bertambah. Umumnya pasien penyakit jantung akan mengurus, namun mereka yang mengalami jantung membengkak akan naik berat badannya, ini tidak lepas dari pengaruh pembengkakan jantung tersebut.
  • Mudah lelah dan mengalami nyeri pada bagian dada. Anda akan sering kali mengalami kelelahan hebat, meskipun tidak mengalami kegiatan fisik yang berat. Hal ini dibarengi dengan nyeri yang akan semaki menjalar dari bagian dada ke seluruh tubuh, jika ini sudah terjadi anda membutuhkan bantuan medis.
  • Kaki mengalami pembengkakan. Sama halnya pada wanita hamil, jika anda mengalami pembengkakan jantung maka kaki akan membesar, inilah yang menjadi indikasi bahwa jantung anda mulai bengkak.

gejala-gejala ini pernah menimpa Kakak kandung saya ketika mengandung. Ukuran janin dalam kandungannya terus bertambah berat sampai pihak rumah sakit menyarankan operasi cesar. Setelah bayi lahir kakak masih harus menjani terapi untuk mengembalikan fungsi jantung dan kinerja tubuhnya.

Pasca persalinan, kondisi tubuhnya belum membaik. kesulitan bicara akibat sesak napas dan kelelahan yang sangat hebat walau hanya tidur.

Pembengkakan jantung ini sangat berbahaya. jika menimpa keluarga atau orang terdekat Anda, beriku adalah tip pengobatannya.Dokter merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk memperbaiki kondisi Anda sebagai berikut:

  • Berhenti merokok.
  • Menurunkan berat badan berlebih.
  • Batasi jumlah garam dalam makanan.
  • Mengendalikan diabetes jika ada.
  • Memonitor tekanan darah secara rutin.
  • Hindari alkohol dan kafein.
  • Istirahat cukup dengan tidur delapan jam setiap malam.
  • Melakukan latihan atau oleh raga sederhana sesuai rekomendasi dokter.

Referensi:

https://sehatalamiku.com/penyebab-jantung-bengkak-dan-cara-menghindarinya/

https://mediskus.com/penyakit/jantung-bengkak

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s