Heterochomia Keajaiban Warna Mata

Ada yang pernah melihat kucing dengan dua mata berbeda? lucu bukan?
95e9f2fe1570f019c7a6653ce3fdf5e3
Pada umumnya manusia dan hewan memiliki dua warna pupil yang sama. Namun akibat keanekaragaman genetik, muncul dua warna pupil pada satu individu. fenomena ini dinamakan Heterochromia iridum.
Heterochromia iridum: Mata Beda Warna

Heterochromia iridum adalah perbedaan warna pada iris mata manusia maupun hewan yang terjadi karena kelebihan atau kekurangan sel melanin (Gambar: CC0 Public Domain).

Istilah heterochromia berasal dari kata heteros (berbeda) dan chroma (warna) dalam bahasa Yunani kuno. Dalam dunia anatomi, heterochromia bisa diartikan sebagai perbedaan warna yang terjadi pada iris mata, rambut, atau kulit akibat kekurangan atau kelebihan melanin (pigmen). Perbedaan warna tersebut dapat diwariskan, atau disebabkan oleh genetik (mosaicism, chimerism), penyakit, dan cedera.

Heterochromia pada umumnya terjadi pada iris mata (disebut heterochromia iridum atau heterochromia iridis). Warna iris mata ditentukan oleh perkembangan sel melanin di dalam tubuh. Iris mata yang terkena heterochromia bisa terjadi karena kelebihan melanin (hyperchromic) atau kekurangan melanin (hyperchromic). Pada manusia, kelebihan melanin pada jaringan iris mata disebut hyperplasia. Sebaliknya, kekurangan melanin pada jaringan iris mata disebut hypoplasia.

Secara garis besar, heterochromia iridum dibagi menjadi tiga jenis:

Heterochromia penuh: Terjadi bila warna iris mata yang satu dengan lainnya berbeda total. Misalnya iris mata sebelah kanan bewarna biru sedangkan sebelah kiri bewarna cokelat.

Heterochromia penuh
Heterochromia penuh (CFCF – CC BY 4.0)

Heterochromia sebagian: Dalam satu mata terdapat dua warna iris yang berbeda.

Heterochromia sebagian
Heterochromia sebagian (Konoco56 – CC BY-SA 3.0)

Heterochromia sentral: Mirip heterochromia sebagian, namun perbedaan warnanya berada di sekeliling pupil mata.

Heterochromia sentral
Heterochromia sentral (CC0)

Heterochromia iridumsering terjadi pada beberapa jenis kucing, terutama yang berwarna putih, mempunyai kecenderungan memiliki warna mata yang berbeda, misalnya jenis Turkish Van, Turkish Angora, Khao Manee, dan Japanese Bobtail. Tak hanya kucing, beberapa jenis anjing (seperti Siberian Husky, Australian Shepherd, dan Catahoula Leopard) dan kuda juga diketahui mengalami Heterochromia iridum.

bukan hanya pada kucing, manusia juga dapat mengalami  heterochromia iridum. Ternyata banyak sob, terutama artis luar negeri. Di antaranya Henry Cavill (Man of Steel), Robert Downey, Jr. (Iron Man), Mila Kunis (The Book of Eli), dan Olivia Wilde (Tron: Legacy).
th
Henry Cavill
Robert Downey, Jr

Mila Kunis
Mila Kunis (Reuters)

olivia
Olivia Wilde

Referensi:
http://www.fakta4.com/2015/10/heterochromia-iridum-mata-beda-warna.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s