Mengapa Joker Berpakaian Lucu

Ada yang kenal Joker? pemain kartu pasti tahu kartu joker. Pernahkah kita perhatikan bagaiman Joker berpakaian? Karakter Joker pada umumnya digambarkan dengan baju, topi dan sepatu yang aneh?

joker-deret

Secara Global, makna Joker ada 2, yaitu:
1. Versi pertamanya “Joker sebagi The Fool” di tahun 1400

Zaman dahulu, kalau ada orang cacat, misalnya seperti “si Bongkok dari Notredam” , maka si cacat itu akan dihina, dicemooh, dikucilkan, dan lebih parah lagi dileher si cacat digantungkan  lonceng, sehingga orang bisa tau kalau mereka sedang mendekat, Si cacat akan dinamakan “the Fool”, alias “si Bodoh”.

Dalam kondisi terbuang seperti itu biasanya si cacat ditampung dan dibesarkan oleh gereja. Para Pastor di gereja kemudian berfikir bagaimana caranya supaya si cacat yang terbuang ini bisa diterima kembali di masyarakat.timbul ide untuk mendandani si cacat dengan baju, topi dan sepatu yang lucu. Lonceng-lonceng kecil dijahit dengan manis di topi, baju dan sepatu mereka. Kalau mungkin, si cacat diajarkan jugling, akrobat, bernyanyi, dan keterampilan lainnya.
Dengan demikian si cacat tetap adalah “the Fool”,tapi ia dapat diterima kembali di masyarakat.
Raja dan Ratu pun biasanya mengundang the Fool untuk menghibur di kerajaan.

the Fool juga boleh sembarangan masuk ke rumah orang dan keluyuran kesana kemari.

2. Versi yang lebih baru adalah Joker sebagai Hofnar

 

HOFNAR adalah penghibur (entertainer), HOF adalah kata lain untuk lingkungan kerajaan. Jadi, HOFNAR adalah entertainer yang bekerja dalam lingkungan kerajaan.
Kalau di bagian atas “the Fool” adalah orang yang bentuk tubuhnya aneh karena cacat, maka seorang HOFNAR tidak cacat dan tidak bodoh. Seorang HOFNAR adalah orang yang bentuk tubuhnya normal dan pandai menghibur orang lain.

Seorang HOFNAR adalah seorang artis yang mengatur dan mebawakan acara hiburan di dalam lingkungan kerajaan. Biasanya si HOFNAR  memiliki berbagai macam bakat, seperti main musik, jugling, akrobat, pandai bercerita, lucu, dan kadang-kadang dalam act-nya juga menggunakan binatang, seperti monyet, anjing, ular, burung, dll.

Seperti juga halnya dengan “the Fool”, seorang HOFNAR bebas mondar-mandir dimana-mana dan di lingkungan kerajaan. Juga karena lakon HOFNAR dalam entertainment bisa berbeda-beda (musikus, akrobat, badut, tukang cerita, juggler, dll.), maka kartu JOKER bisa dipakai sebagai kartu pengganti segala macem kartu.

Karena jenis pekerjaan dan penampilan HOFNAR dalam entertain-ment yang sering kali mirip dengan badut zaman sekarang, maka di kartu sering juga JOKER digambarkan sebagai seorang badut.

referensi

http://anti-gambling.blogspot.co.id/2015/01/sejarah-dan-misteri-kartu-joker.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s