Benarkah Semua Orang Berbakat

Keberbakatan dan kecerdasan apakah bermakna sama?

Pernahkan Anda membaca teori kecerdasan majemuk dari Gardner? teori ini berasumsi bahwa semua orang berbakat. Semua manusia dilahirkan dengan segudang potensi bakat –yang jika potensi ini diasah dengan benar akan menunjukan prestasi yang luar biasa. Anda mungkin bertanya apakah ini berlaku untuk semua orang? apa yang dimaksud bakat dalam teori ini?

sebelum membahas keabsahan teori ini, mari kita bahas padanan kata yang digunakan dalam teori ini. Dalam beberapa literatur kecerdasan majemuk merupakan alih bahasa  dari “multiple intelegence“. Namun, jika kita cari literatur tentang multiple talent, hasil pencarian menunjukan teori kecerdasan majemuk gardner. Timbul pertanyaan apakah Gardner menjelaskan tentang intelegence (kecerdasan) atau talent (bakat)?

Di Indonesia sendiri, istilah kecerdasan dan bakat telah digunakan berbarengan. Praktisi pendidikan mengunakan istilah CIBI (Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa) untuk padanan kata Gifted and Talented. Semua individu Gifted menunjukan Talent, sehingga kata Gifted dipasangkan dengan Talented. yang menjadi pertanyaan adalah Apakah semua Talented adalah Gifted?

Gifted tidak sama dengan Talented,” tutur Endang Widyorini, Ph.D.,Psi, seorang psikolog yang juga dosen pada Universitas Sugiyopranoto (UNIKA) Semarang, pada acara sarasehan Komunitas PAGI, Sabtu (28/5),  lalu di  Gedung Dikpora, Yogyakarta.

Gifted atau cerdas istimewa, merupakan istilah yang diberikan untuk menjelaskan kondisi seseorang yang memiliki kemampuan atau potensi melakukan sesuatu jauh di atas rata-rata orang seusianya. Batasan IQ (Intelligence Quotient) mereka di atas 130, dengan kreativitas, motivasi dan ketahanan kerja yang tinggi.

Adapun talented atau berbakat istimewa, tidak mengacu pada batasan inteligensi di atas 130. Akan tetapi, talented mempunyai salah satu atau beberapa bidang prestasi yang menonjol, yang melebihi rata rata. Dan prestasi tersebut, tidak selalu dalam bidang akademis.

Bisa jadi seorang anak yang mengalami gangguan inteligensi yang luas, misalnya anak autis-savant dengan IQ di bawah rata-rata anak nornal (kurang dari 80), mempunyai talenta atau bakat yang Iuar biasa. Akan tetapi, anak ini tidak dapat dikatakan sebagai anak gifted. Karena gifted memakai ukuran intelegensi, sedangkan talented memakai ukuran performa.

Menurut Endang Widyorini, persamaannya adalah, mereka (gifted maupun talented) membutuhkan dukungan dan pemahaman dari orang-orang di sekitarnya, dalam hal ini keluarga, sekolah dan lingkungan. Jika tidak, maka potensi kecerdasan dan bakat istimewa tidak mudah terwujud.

Dengan demikian, gifted lebih berhubungan dengan bidang akademik atau intelektual, sedangkan talented lebih berhubungan dengan bidang non akademik, misalnya bidang seni, kepemimpinan social dan lain-lain.
Gifted berarti sudah mencakup talented sacara implisit. Tetapi talented menunjukkan gambaran penonjolan kecakapan khusus pada bidang tertentu.

Anak talented menunjukkan satu bidang kemahiran khusus yang luar biasa. Misalnya seni musik, drama, mengarang, melukis dan sebagainya. Kemahiran luar biasa dimaksudkan, dalam musik, anak talented mengetahui irama, nada, keselarasan, interpretasi, keterampilan dalam memainkan alat musik dan lain-lain. Kemahiran tersebut berasal dari bakat bawaan anak, talent atau penonjolan pada suatu bidang tetentu yang dibawa sejak lahir, atau kecakapan khusus yang sifatnya non intelektual.

Dari uraian di atas kita simpulkan, yang dimaksud bakat dalam teori kecerdasan gardner adalah talent. Talent tidak dibatasi intelegensi. talent ini diwariskan melalui genetik. tiap manusia memiliki banyak talent dengan kadar yang berbeda. jika talent yang kuat ini mendapat dukungan positif dari lingkungan dapat menunjukan prestasi yang menonjol di bidangnya. Dengan kata lain semua orang berhak berprestasi dengan dengan mengembangkan bakat yang dimilikinya.

referensi

http://perspektifnews.blogspot.co.id/2016/06/tentang-anak-gifted-dan-talented.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s