Jawaban Zakir Naik tentang Teori Evolusi

Seorang pemuda asal jepang, Takuya Nishikawa, bertanya kepada Dr Zakir Naik tentang evolusi. Mengapa manusia harus berevolusi dari kera. Pertanyaan ini juga mungkin muncul ketika Anda belajar biologi.

” …Ada teori yang disebut dengan teori evolusi. Teori evolusi. Tetapi tidak ada buku yang berjudul “fakta evolusi”… ”

ini adalah penggalan terjemahan jawaban Zakir Naik. jawaban ini membuat kita harus berpikir ulang. Masalah yang ditanyakan Nishikawa adalah teori evolusi, kemudian disimpulkan bahwa manusia adalah hasil evolusi dari kera. Ini logika yang kurang tepat. Kesimpulan pemuda jepang ini bukan berdasarkan fakta tapi hanya teori. Tidak ada bukti yang menegaskan kebenaran manusia berevolusi.

lanju Zakir Naik,

“…Hanya beberapa tengkorak ditemukan, dan kita langsung berpikir kita berevolusi dari kera. Jadi di zaman sekarang, tidak ada bukti bahwa kita berevolusi. Ini hanya dugaan. Itulah mengapa ini disebut teori.

Menurut Quran, kita diciptakan oleh Tuhan. Dan manusia pertama di muka bumi adalah Adam dan Hawa. Aku telah membahasnya dalam ceramahku, ini disebutkan dalam surat Al Hujurat ayat 13.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

“Hai manusia, Kami menciptakanmu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan Kami menjadikanmu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu adalah orang yang paling bertaqwa.” . . .”

dalam diskusi itu Zakir Naik menjelaskan pemahamannya tentang temuan Darwin, “. . .Dan jika kau kembali pada Charles Darwin, dia menulis buku yang membicarakan tentang teori evolusi. Dalam bukunya ia menulis bahwa ia berlayar dengan kapal bernama HMS Beagle, pergi ke Pulau Calotropis.

Di sana ia menemukan burung-burung mematuk-matuk kayu. Berdasarkan lubang di kayu yang di patuk, paruhnya menjadi panjang atau pendek. Berdasarkan ini, dia mengajukan teori evolusi. Dan dia menulis surat kepada temannya, Thomas Thompton, pada abad ke-19 dan ia berkata, “aku tak punya bukti untuk teori evolusiku. Tapi ini membantuku dalam mengklarifikasi embriologi dan penelitian terhadap organ.” . . .”

Pernyataan Charles Darwin yang diaggap penggagas teori evolusi manusia masih ragu dan tidak dapat membuktikan dugaannya. jadi, perlukah dipercaya bahwa manusia berevolusi dari kera?

Selain dari pemaparan zakir Naik, kita harus pahami siapa sebenarnya Charles Darwin. Benarkah Charles Darwin mengemukakan teori manusia berevolusi dari kera? atau manusia dan kera merupakan hasil keturunan dari “nenek moyang yang sama? Silahkan baca buku Asal-usul Spesies (The Origin of Species)yang menjelaskan teori evolusi, adakah fakta yang menguatkan bahwa evolusi manusia itu ada?

Jika Anda masih belum yakin, bandingkan perkembangan IPTEK di masa Charles Darwin dan sekarang. Charles Darwin belum mengenal mutasi dan genetik. Apakah ada fakta yang menguatakan kera dapat berevolusi melalui mutasi gen atau yang lainnya?

Kesimpulan dari diskusi ini adalah dugaan yang belum dikuatkan dangan fakta belum bisa dijadikan bahan untuk diskusi. jikapun dilanjutkan ini akan mengarah pada penarikan kesimpulan yang salah.

referensi

http://www.tarbiyah.net/2016/02/apakah-manusia-berevolusi-dari-kera-ini.html

https://blogpenemu.blogspot.co.id/2014/04/biografi-charles-darwin-penemu-teori-Evolusi.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s