Spektrum Warna-warna Api

Amatilah nyala lilin. warna apa saja yang terlihat?

fire-629972_960_720

tidak satu warna bukan?

Api memiliki macam-macam warna. berdasarkan suhu, warna api dibedakan menjadi 4 jenis warna.

  1. warna merah atau kuning. merupakan warna pada bagian lidah api yang paling atas. suhu api dengan warna ini paling rendah, umumnya tidak akan melebihi 1000 ¤C. ini adalah api yang paling dingin.
  2. warna biru. api dengan warna ini memiliki suhu lebih panas dari pada api warna merah. diperkirakan suhu api biru tidak melebihi 2000 ¤C. Panas api ini terjadi karena proses pembakaran sempurna, tanpa membentuk co.
  3. warna putih. dilapisan selanjutnya ada warna yang samar-samar tidak terlihat. warna api ini putih suhunya lebih panas dari dua warna sebelumnya. warna api ini biasanya terlihat di inti matahari. diperkirakan suhunya melebihi 2000 ¤C.
  4. warna hitam, di lapisan terakhir lidah api seolah-olah mengambang dari sumber (bahan bakar). warna api yang tidak terlihat ini adalah warna hitam. tidak seperti 3 api sebelumnya yang merupakan energi hasil oksidasi, api hitam dibentuk dari hasil ionisasi yang membentuk energi plasma. diperkirakan api ini adalah api yang paling panas. konon katanya api ini adalah warn api neraka.

keberadaan api hitam berasal dari nereaka adalah berdasarkan hadis yang menjelaskan: ketika Allah SWT yang memerintahkan malaikat mengambil api dari neraka buat kehidupan di bumi, Si Penjaga Neraka memberikan api dari neraka hanya seukuran semut, lalu didinginkan dahulu sampai 70 masa (sekitar 350 ribu tahun kalau di bumi), lalu perlahan api tersebut berubah warna dari HITAM > PUTIH > BIRU > MERAH

spektrum warna api yang diilustrasikan dengan nyala lilin di atas mengambarkan seberapa panas api neraka.

referensi

http://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrTccNmTNpYW9sAhIAPxQt.;_ylu=X3oDMTBzY245ZnZqBHNlYwNzcgRwb3MDMTIEY29sbwNncTEEdnRpZAM-/RV=2/RE=1490730214/RO=10/RU=http%3a%2f%2fwww.apakabardunia.com%2f2011%2f05%2ffakta-menarik-berbagai-macam-warna-yang.html/RK=0/RS=7858YMWjj9x5UqrcDSqRx0ZnRZQ-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s