Tip Melewati Banjir dengan Motor Matic

Berkendara di musim penghujan dengan motor memiliki banyak resiko. Jika hujan datang lagit menjadi gelap jarak pandang pun menjadi terbatas. Lebih lagi kalau drainase jalan raya kurang baik, air mengenangi jalan berpotensi menjadi banjir.

Berkendara di jalan yang banjir tidak lah mudah. Aliran Air yang deras dapat menghanyutkan motor dengan mudah. Cipratan air dari kendaraan yang melewati banjir memperburuk pandangan. Tambah lagi kondisi jalan tidak terlihat jelas akibat tertutupi genangan air, pengendara dapat terperosok dalam lubang jika tidak hati-hati.

Banjir di jalan merepotkan pengendara motor. Motor bisa saja mati di tengah banjir akibat mesin terisi air. Banjir yang cukup tinggi  dapat dengan cepat masuk ke dalam mesin melalui lubang knalpot dan menganggu proses pembakaran mesin. Alhasil, motor akan  mogok atau mati mendadak. Motor mogok di dalam banjir sangat ditakuti pengendara motor, terlebih motor matic dengan lubang knalpot yang rendah.

bagi pengendara motor ada beberapa tip melewati banjir dengan selamat, di antaranya sebagai berikut:

  1. kenali medan yang akan dilalui

ketika banjir, jalanan tidak terlihat sama sekali. Pengendara harus hapal kondisi jalan, bagian jalan mana saja  yang rusak dan dalam. Dengan memahami medan jalan, pengendara dapat terhindar dari pengereman mendadak yang membahayakan keselamatan.

2. pastikan kondisi motor Anda

laju kendaraan ketika banjir harus stabil. untuk untuk itu, setidaknya rem motor matic dan gas bekerja dengan baik. pacu gas secara konstan dan jangan lakukan pengereman  mendadak. Paculah gas motor matic secara stabil yang sambil diselingi penggunaan rem depan dan belakang secara bersamaan serta perlahan untuk mengantisipasi cara kerja rem pada sepeda motor anda masih bekerja dengan baik atau tidak

3. pastikan tinggi air sebelum berangkat

bagi pemula, batas air banjir yang dapat dilewati motor matic adalah tinggi knalpot. jadi pastikan tinggi banjir tidak menenggelamkan knalpot motor.

4. pilih bagian jalan yang paling aman dari arus banjir

strategi melewati jalan banjir adalah memilih bagian jalan dengan arus sedang. hindari bahu jalan, biasanya mempunyai arus yang paling deras.

5. potong arus air atau berkendara dengan formasi burung

walaupun tinggi air melebihi knalpot, kendaraan dapat melalui banjir dengan cara membelah arus air. kunci membelah arus air adalah kecepatan kendaraan yang sesuai dan konstran. dengan kecepatan yang sesuai ban bagian depan dapat menotong arus air sehinga bagian belakang kendaraan kering.

namun jika pengendara belum cukup mahir memotong arus banjir, lakukan formasi burung. berkendaralah di samping belakang kendaraan yang lebih besar untuk mendapat jalanan yang kering.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s