Rahasia Kesuksesan Karakter Mr. Bean

Ada yang masih ingat Mr. Bean? Mendengar namanya saja, kita mengingat karakter seorang lelaki lugu yang tak banyak bicara dan kadang terkesan menyebalkan. Mungkin kita bertanya-tanya siapa tokoh dibalik karakter Mr. Bean.

Johnny English Reborn - UK Premiere - Arrivals

Rowan Sebastian Atkinson merupakan penulis sekaligus pemeran karakter Mr. Bean. Rowan Atkinson lahir di Consett, County Durham pada ahir 6 Januari 1955. Rowan Atkinson merupakan aktor jenius, dikabarkan memiliki skor IQ 178.

Sekolah pertama Rowan Atkinsoni Durham Choristers School, kemudian St Bees School, dan mempelajari teknik elektro di Newcastle University. Rowan Atkinson juga pernah meraih gelar M.Sc. dari Queens College, Oxford. Dari riwayat pendidikannya tidak berhubungan dengan seni peran, lantas dari mana Rowan mendapat karakter Mr. Bean?

Karakter Mr. Bean pertama kali tercetus oleh Rowan sejak dirinya masih kuliah di Oxford University. Mr Bean diciptakan untuk suatu acara di kuliahnya. Secara alami Rowan bukan penulis, bahkan Rowan termasuk orang yang mudah “gagap” ketika mendapat tekanan. Inspirasi karakter Mr.Bean muncul setelah Rowan membuat pose lucu wajahnya di depan cermin. Rowan menggunakan kelemahan dalam berkomunikasi sebagai karakter kuat di Mr. Bean. Selain itu, kekuatan dari karakter ini adalah mimik muka dan gerakannya yang lucu. Dengan mengandalkan kedua hal tersebut, ia berhasil membuat tokoh Mr Bean mampu menembus batas berbagai budaya dan bahasa di seluruh dunia (karena tokoh ini tidak banyak bicara), sehingga dimengerti oleh siapa pun, termasuk juga anak kecil.

Tidak disangka karakter Mr. Bean sukses hingga penjuru negeri. Selama 5 tahun kerja keras, Rowan dan team menghasilkan 14 situasi komedi Mr. Bean yang ditayangkan dihampir lebih dari 200 negara di dunia. Mr Bean Tv Series ini berhasil menang 2 Penghargaan (1995 CableACE Comedy Special, 1990 Golden Rose Awards) . dan 3 nominasi (BAFTA TV Award 1992, 1994, 1991).

Hikmah yang dapat kita ambil dari dari keberhasilan karakter Mr. Bean ini di antaranya:

  1. Riwayat pendidikan dan kelemahan diri bukan halangan untuk mengekplorasi kemampuan diri;

Dari kisahnya Rowan tidak punya talent dan riwayat pendidikan yang mendukung. Rowan mengekplorasi kemampuan dirinya, berpikir diluar kotak untuk membangun karakter Mr. Bean.

  1. kesungguhan dalam melakukan pekerjaan;

Kita tidak tahu dari mana datangnya rezeki, maka lakukan yang terbaik dalam setiap kegiatan kita. Rowan tidak menyangka karakter Mr. Bean dapat mendunia padahal dia bukan seorang penulis. Rowan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaannya dari mulai hal-hal kecil sampai kosep global sebagai penulis dan produser filmnya sendiri.

  1. Kerjasama team

Kesuksesan tidak mungkin diraih sendirian, dalam meraih sukses, Rowan Atkinson, seorang insinyur listrik, selalu mengandalkan kerja sama yang solid dengan teman-teman sekerjanya.

referensi

http://anggaleoputra.blogspot.co.id/2010/09/dibalik-kesuksean-mrbean.html

http://www.lifedaily.com/story/26-celebrities-with-surprisingly-high-iqs/9/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s