“Cakra”, Medan Energi Manusia

Apa Anda pernah menonton kartun Naruto? Tentu Anda pernah mendengar kata “cakra”. tiap ninja dalam kartun Naruto memanfaatkan cakra yang digunakan dalam pertarungan.

Pernahkan Anda berpikir dari mana ide “Cakra” itu?

Bicara tentang Cakra tidak bisa lepas dengan Aura dan tubuh “halus” manusia. Dalam literatur kesehatan  dikenal bahwa manusia selain mempunyai fisik yang bisa dilihat dan diraba juga mempunyai tubuh halus yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang punya bakat “khusus”.

Mata manusia umumnya, hanya mampu melihat warna pelangi, yaitu dari ungu sampai merah. Sedangkan tubuh halus itu berada di bawah warna merah termasuk far infra red ray (FIR) dengan panjang gelombang sekitar 12-6 mikron, frekuensi 60-120 Hz, dan orang awam mengenalnya dengan sebutkan aura. Yaitu, sinar elektro-magnetik dari tubuh.

Di tubuh halus manusia mempunyai pintu-pintu energi. Pintu-pintu energi itu disebut cakra diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti roda yang berputar. Dalam literatur Yoga, tubuh halus memilikisekitar 360 pintu energi dan terdiri dari pintu-pintu besar, sedang, dan kecil. Tetapi yang sangat berperan menghasilkan warna aura adalah pintu-pintu besar, dan dikenal dengan sebutan cakra-cakra utama yang berjumlah tujuh, yaitu:

  1. Cakra mahkota (Sahasrara Cakra) terletak di ubun-ubun kepala, mewakili warna ungu. Cakra ini sangat mempengaruhi seluruh bagian dalam kepala dan diwakili oleh kelenjar pineal. Dalam konsep spiritual, cakra mahkota sangat erat kaitannya dengan energi spiritualitas.
  2. Cakra dahi (Ajna Cakra) terletak diantara kedua alis mata, mesakili warna nila. Cakra ini sangat mempengaruhi seluruh bagian dalam rongga kepala, termasuk panca indra. Cakra ini juga berkaitan dengan daya kreativitas, intuisi dan ketajaman insting. Cakra ini diwakili oleh kelenjar pituitari. Kekuata dalam menyelesaikan sebuah masalah juga berhubungan denga cakra ini.
  3. Cakra tenggorokan (Visudha Cakra) terletak tepat di bagian tenggorokan, mewakili warna biru. Cakra ini sangat mempengaruhi organ leher, termasuk telinga, hidung dan tenggorokan dan diwakili oleh kelenjar thyroid serta parathyroid. Cakra tenggoroka meningkatkan energi seseorang dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan bersosialisasi dengan lingkungan.
  4. Cakra jantung (Anahata Cakra) terletak di organ jantung. mewakili warna hijau. Cakra ini sangat mempengaruhi semua organ yang berada di rongga dada, yang diwakili oleh kelenjar thymus. Cakra ini memberikan kekuatan dalam meningkatkan energi cinta kasih.
  5. Cakra pusar (Nabhi Cakra/Maniphura Cakra) terletak di daerah pusarmewakili warna kuning. Cakra ini mempengaruhi kesehatan organ-organ sekresi yang diwakili oleh kelenjar adrenalin. Cakra ini memberikan kekuatan cita-cita dan keinginan.
  6. Cakra seks (Svadisthana Cakra) terletak di daerah kemaluan, mewakili warna oranye. Cakra ini sangat mempengaruhi organ-organ reproduksi yang diwakili oleh kelenjar testosteron. Cakra ini memberikan kekuatan semangat, vitalitas dan atusiasme.
  7. Cakra dasar (Muladhara Cakra) terletak di antara anus dan kemaluan, mewakili warna merah. Cakra ini sangat mempengaruhi kesehatan tulag belakang dan otot di tubuh fisik yang diwakili ileh kelenjar periniium. Cakra ini memberikan energi pada harapan, optimisme dan semangat hidup.

mengenai ketujuh cakra ini pernah juga di bahas dalam kartun Avatar: The Last Airbender. ketika berlatih menjadi avatar, Aang mengaktifkan aliran 7 cakra berurutan dari cakra dasar sampai cakra mahkota.

boleh percaya atau tidak,  ketujuh cakra tersebut mempengaruhi kesehatan tubuh  emosi emosi, dan pikiran manusia.

Referensi:

https://dhanandjaya.wordpress.com/2012/11/10/mengenal-cakra-dan-aura-dalam-tubuh/

http://kalungaura.com/aura-dan-cakra.html

http://iheboh.blogspot.co.id/2011/05/tahu-lebih-jauh-tentang-anak-indigo.html#.WLKGl2-LTIV

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s