Bi-Max : Robot Pengajar Matematika

binus-ciptakan-robot-humanoid-untuk-mengajar-siswa-sd-41c

Era robot sudah dimulai. Baru-baru ini para peneliti di Binus University  menciptakan robot yang mampu mengajar Matematika sekaligus memberikan hiburan bagi siswa Sekolah Dasar (SD).

Robot berbentuk manusia (robot humanoid) bernama Bi-Max Educator ini berhasil meraih hibah bergengsi Toray Science and Technology Research Grant 2016 dari Jepang.

Robot Bi-Max diciptakan sejak tahun 2016  dan dianggap sebagai robot humanoid pertama di Indonesia. salah satu keunggulan Bi-Max Educator adalah mampu mengenal ucapan dan merespons dalam bahasa Indonesia. Selain itu, terdapat berbagai fitur materi pendidikan untuk pelajaran Matematika dan games untuk siswa SD.

Dalam berinteraksi dengan bahasa Indonesia, Bi-Max diberi sentuhan teknologi dari Google, yakni voice recognition, teknologi pengenalan suara. Sekilas mendengar suara dari Bi-Max akan mirip dengan fitur suara yang ada di Google Translate.

Menurut Ketua Tim Peneliti, Dr Widodo Budiharto, yang memimpin Lab Robotics dan Intelligent Systems, School of Computer Science Binus University, riset ini menggandeng anggota dari para peneliti pakar di bidang Psikologi dari Departemen Psikologi dan Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Binus University. Penelitian berfokus pada aspek-aspek psikologi untuk interaksi alami antara robot humanoid dengan siswa.

“Harapannya, dihasilkan robot humanoid cerdas yang mampu berinteraksi secara alami dengan siswa, sehingga siswa senang untuk belajar dengan robot,” ujarnya, dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews, Senin (23/1/2017).

Referensi

https://autotekno.sindonews.com/newsread/1173501/124/binus-ciptakan-robot-humanoid-untuk-mengajar-siswa-sd-1485176316

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s