Rahasia Perbedaan Tinggi Badan Anak Laki-laki dan Perempuan

Jika di keluarga besar Anda ada laki-laki dan perempuan, Anda mungkin pernah mengamati  laki-laki dewasa lebih tinggi dari perempuan dewasa. padahal pada waktu kanak-kanan tinggi mereka sama, bahkan lebih mungkin anak perempuan lebih tinggi dari anak laki-laki.

Menurut Pittock, penyebab perbedaan tinggi ini adalah karena anak perempuan memasuki usia puber lebih awal dibandingkan anak laki-laki. umumnya, perempuan memasuki masa puber direntan umur 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki direntan 9-15 tahun. Sepanjang masa puber ini seorang anak akan kembali mengalami growth spurt.

“Growth spurt yang dialami anak-anak ketika masa puber akan membuat tubuh mereka mengalami pertumbuhan pesat serta berubahnya penampilan fisik mereka menjadi lebih mirip orang dewasa. Berhubung anak perempuan puber lebih dulu, maka proses growth spurt lebih awal dibandingkan lawan jenisnya. karena itu, pada usia 8-9 tahun, anak perempuan selalu kelihatan lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan anak laki-laki seusianya.

setelah anak perempuan menyelesaikan masa pubernya, 14-15 tahun, anak laki-laki baru i mulai memasuki masa puber, ia dengan cepat bisa segera menyamakan atau bahkan melebihi kecepatan pertumbuhan anak perempuan.

Keuntungan lain yang dimiliki anak laki-laki selama masa pertumbuhan adalah konsentrasi hormon testosteron di dalam tubuhnya yang lebih banyak dibandingkan anak perempuan. Keberadaan hormon testosteron—yang terutama akan meningkat pada sepanjang masa puber ini, mampu memicu pertumbuhan sel-sel tubuh secara lebih pesat. Itu sebabnya, ketika dewasa,rata-rata pria memiliki tinggi tubuh 13 cm lebih tinggi dibandingkan wanita. Bukan hanya itu, pria juga memiliki massa tulang yang lebih padat dibandingkan lawan jenisnya.

referensi

http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/perbandingan+tinggi+badan+anak+laki-laki+%26+perempuan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s