Perlukah Anak Usia Dini Mengenal Bangun Geometri

Pernahkah Anda perhatikan bahasa Anak usia dini?  Dengan kosakata yang terbatas, Anak mengunakan kata dengan bunyi yang berbeda atau tidak pada tempatnya. Anak mungkin ingin mengungkapkan kaki burung tetapi menyebutnya tangan burung. Bagi orang dewasa itu mungkin lucu, itu tak salah.

Perhatikan! seberapa sering Anak usia dini salah mengucapkan kata? sekilas mungkin Anda merasa yakin dapat mengajarkan anak mengucapkan kata dengan benar. Namun, mengapa mereka mengulangi kesalahan yang sama?

fenomena kesalahan pengunaan kata ini bukan kesalahan Anak. fenomena ini lebih kepada tumbuh kembang. Fungsi alat-alat bicara mungkin sudah seperti orang dewasa, mengungkapkan kata-kata dengan fasih. Namun, ada kemampuan lain yang belum berkembang. kemapuan itu salah satunya kemampuan klasifikasi.

salah satu kemampuan klasifikasi anak yang belum berkembang adalah klasifikasi pada konsep geometri. Coba minta anak Usia dini untuk mengambil kotak, bangun geometri apa yang mereka ambil? kotak perhiasan kah? tempat tisu? atau dus TV? Kemudian coba perlihatkan anak bentuk kubus, tanpa kita kenalkan namanya, Apakah mereka akan menyebutnya kotak?

Penyebutan kotak pada bentuk balok dan kubus mungkin biasa, tetapi coba list penggunaan kata kotak untuk anak. bangun apa sajakah yang disebut kotak oleh Anak usia dini? Apakah bagi mereka pigura foto dan ubin itu kotak?

Sulit kita jelasakan pada Anak usia dini pentingnya pengunaan kata. Mereka belum mengunakan definisi. Mereka hanya mengandalkan alat indranya untuk mencari kesaman dari suatu benda, apakah itu bangun datar atau bangun ruang tidak begitu mereka perhatikan.

Kemampuan klasifikasi ini akan meningkat jika mereka mendapat pengalaman matematika yang sesuai. pengalaman tersebut akan mengkonstruksi pemahaman lama mereka menjadi pemahaman yang baru.

Kapan pemahaman baru itu muncul? apakah lebih cepat atau lambat. Lingkungan anak yang mengarahkan pengalaman matematika-lah yang akan menjawabnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s