Keunikan Cara Berpikir Gifted Visual Spatial Learner

Keunikan Cara Berpikir Gifted Visual Spatial Learner

oleh Abdurahman

 

Jika beranggapan Gifted selalu berprestasi disemua mata pelajaran, Anda akan terkejut dengan tipe Gifted Visual Spatial Learner (G/VsL). Bagaimana tidak, prestasi akademik G/VsL tidak dapat diprediksi, ada nilai yang sangat tinggi dan ada juga yang sangat rendah. Bahkan jika mereka masuk sekolah formal, di sekolah dasar umumnya tidak terlihat berprestasi cemerlang.

Sekitar 2/3 anak Gifted adalah visual spatial learner. Mereka lebih suka belajar melalui gambar (visual) dari pada pendengaran. Padahal, sebagian besar sekolah di Indonesia didisain untuk anak-anak auditory sequential learner (yang bisa menerima pelajaran yang disampaikan tahap demi tahap melalui suara).

Cara belajar G/VsL lebih banyak mengunakan gambar. Ketika mereka mendapat informasi melalui kata-kata, dalam kepala mereka kata-kata diubah menjadi gambar-gambar sebelum dimaknai. Ini proses yang memakan lebih banyak waktu. hal ini pula yang menyebabkan mengapa anak-anak ini cenderung lambat dalam menerima pelajaran, jika tanpa bantuan gambar.

Kelemahan dalam pemrosesan informasi verbal ini menyebabkan pikiran anak kemana-mana saat pelajaran diberikan. Dia jadi nampak seperti sedang melamun, tidak konsentrasi, ataupun mungkin sibuk berjalan-jalan di kelas sepanjang pelajaran. Apalagi didukung oleh energinya yang lebih banyak dari sebagian besar teman-temannya.

Karena anak-anak G/VsL ini memiliki kemampuan pandang ruang (spatial) yang sangat baik, beberapa dari mereka lebih mampu menggambar dalam bentuk 3 dimensi daripada 2 dimensi. Kemampuan ini umumnya muncul sejak mereka masih balita. Gambar mereka juga sangat detil. Hal ini sering menjadi masalah, mengingat yang diajarkan pada anak-anak SD adalah bagaimana menggambar dalam 2 dimensi, bukan 3 dimensi. Sementara anak-anak sebayanya gemar mewarnai, anak-anak ini malah sibuk membuat gambar 3 dimensi dan tidak suka mewarnai. Akibatnya, kelebihan ini bisa saja tidak terdeteksi oleh guru menggambar.

Cara berpikir anak-anak ini juga berbeda dari kebanyakan anak-anak lain. Mereka berpikir dari global ke detil, bukan berurutan tahap demi tahap dari detil ke global. Hal ini sering berdampak pada rendahnya nilai pada pelajaran-pelajaran hafalan, meskipun kemampuan menghafal mereka sebenarnya sangat baik. Ini bisa diatasi dengan belajar dari simpulannya dulu, sehingga mereka bisa membayangkan apa yang sedang dibahas secara keseluruhan, baru kemudian masuk ke bagian yang lebih detil.

Sebagai panduan mengenal G/VsL, daftar ceklis prilaku dapat membantu. Karakteristik berikut ini bisa membantu mengidentifikasi anak gifted visual-spatial learner. Namun, perlu diingat, ciri-ciri ini tidak semuanya akan muncul pada anak gifted visual-spatial learner:

  • Menyukai ide-ide dan tugas-tugas kompleks, meskipun seringkali gagal untuk tugas-tugas lain yang lebih sederhana
  • Secara fisik sensitif, seringkali memiliki gangguan pada pendengarannya dan memberikan reaksi yang tinggi pada suara keras
  • Memiliki keterampilan mendengarkan yang rendah, seringkali terlihat seperti tidak mendengarkan
  • Memiliki kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah
  • Tulisan tangannya jelek dan seringkali berkesulitan untukk menjaga agar tulisannya tetap di dalam garis, atau menekan pena terlalu keras di kertas saat menulis
  • Menyukai lego, puzzle, jigsaw, game-game komputer, televisi, dan membua sesuatu
  • Menyukai seni dan/atau musik
  • Memiliki sense yang jelek tentang waktu
  • Sangat sensitif terhadap kritik
  • Secara emosional sangat sensitif
  • Memiliki kesulitan dengan mengeja/tabel waktu
  • Bisa mengingat jalan di suatu tempat setelah pergi ke sana meskipun hanya sekali
  • Memiliki imajinasi yang liar dan/atau mimpi-mimpi yang mengganggu
  • Gampang teralihkan
  • Sangat tidak terorganisir

Bagaimana dengan anak-anak disekitar Anda? apa menunjukan daftar ceklis seperti di atas?

referensi

https://psggcjogja.wordpress.com/2015/06/10/mengenal-gifted-visual-spatial-learner/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s