Tipe superhero apa yang kamu sukai: pengelompokan kepribadian super hero

Tipe superhero apa yang kamu sukai: pengelompokan kepribadian super hero

Oleh abdurahman

Siapa yang tidak kena superhero?

Masyarakat sudah mengenal superhero. Baik anak-anak atau orang dewasa pasti memiliki satu atau dua nama superhero yang diidolakan. Tokoh-tokoh Superhero didapat dari cerita rakyat ataupun karakter dalam film, komik dan video game.

Tiap superhero unik, mereka memiliki karakter masing-masing. Keunikan karakter superhero membuat magnet tersendiri bagi yang mengidolakannya.

Tulisan ini cocok untuk pengamat superhero baik penonton ataupun kreator yang pembuat komik.

Menurut Dimas Krisna Aditya mengkategorikan karekter superhero berdasarkan:

  1. Kategorisasi karakater superhero berdasarkan kekuatan dan keistimewaan yang dimilikinya. Jika karakter superhero dikategorikan berdasar kekuatan super serta asal kekuatan yang mereka miliki, maka ada beberapa tipe yaitu:
  2. Super strengh

Jenis karakter superhero tipe ini pada umumnya memiliki kekuatan melebihi manusia biasa, kebal, dan beberapa dilengkapi kemampuan terbang.

  1. Tanker

Jenis ini memiliki kekuatan yang besar, secara fisik memiliki postur tubuh yang lebih besar dari manusia. umumnya terlihat kuat dan terkadang berkarakter kasar, namun terlihat lebih brutal.

  1. Blaster

Superhero yang masuk ke dalam tipe ini memiliki kemampuan untuk melancarkan serangan yang berupa tembakan, baik itu berupa energi murni atau ciptaan yang terdapat dalam tubuh mereka ataupun mereka yang menggunakan senjata.

  1. Marksman

Sesuai dengan namanya, para superhero tipe Marksman ini akan menggunakan senjata proyektil.

  1. Mage

Superhero dengan tipe Mage lebih mengandalkan kekuatan magis yang mereka untuk menembakkan energi ciptaan. Tipe superhero ini menguasai berbagai macam sihir sebagai sumber kekuatan mereka.

  1. Gadgeteer

Superhero dalam tipe ini mampu menciptakan sejumlah peralatan yang digunakannya untuk menghasilkan ataupun meniru kekuatan super, untuk mengimbangi superhero lain.

  1. Armored Hero

Seperti namanya, tipe karakter ini menggunakan baju tempur atau baju zirah yang berteknologi tinggi yang mampu memberikannya kekuatan dan dilengkapi dengan sejumlah persenjataan

  1. Dominus

Tipe karakter ini biasanya menjadi pilot dari sebuah robot raksasa baik dari dalam atau dari luar. Tipe ini lebih banyak dijumpai pada sejumlah superhero jepang .

  1. Speedster

Tipe superhero ini memiliki kecepatan dan gerak reflek yang melebihi manusia dan bahkan superhero lainnya. Biasanya digambarkan dengan tubuh yang lebih ramping dibandingkan karakter superhero lainnya.

  1. Mentalist

Superhero dengan kekuatan psikis dan mampu melakukan manipulasi terhadap pikiran dengan cara Psikokinetik ataupun Telekinesis.

  1. Elementalist

Superhero yang masuk ke dalam tipe ini memiliki kekuatan untuk mengendalikan elemen-elemen alam dan juga kekuatan alam.

  1. Shapesifter

Tipe superhero dengan kemampuan untuk mengubah bentuk tubuhnya sesuai dengan keinginannya. Kebanyakan tipe Shapesifter memiliki tubuh yang sangat lentur.

  1. Size Changer

Mereka yang tergabung dalam tipe ini adalah superhero yang mampu mengubah ukuran tubuhnya saja

  1. Acrobatic

Superhero dalam tipe ini lebih mengandalkan kelincahan, reflek dan kelenturan tubuh mereka untuk beraksi cepat (meskipun tidak secepat mereka yang masuk dalam golongan Speedster ). Selain itu dalam aksinya mereka digambarkan memiliki kemampuan akrobatik

 

  1. Martial Artist

Superhero yang masuk ke dalam ini lebih banyak mengandalkan keahlian bela diri yang mereka latih sendiri, karena kekuatan super yang mereka miliki terbatas atau tidak memiliki sama sekali kekuatan super.

Pengelompokan karakter tersebut tidak mutlak satu karakter pada superhero. Ada banyak superhero yang memiliki dua karakter kekuatan yang berbeda. Pada prakteknya, beberapa karakter superhero tidak bisa dimasukkan ke dalam salah satu kategori di atas karena ia merupakan gabungan dari beberapa kemampuan yang disebutkan dalam tiap kategori. Batman, misalnya ia merupakan tipe Martial Artist, tetapi juga masuk ke dalam kategori Gadgeter.

  1. Kategorisasi karakter superhero berdasarkan sifat karakternya.

Berdasarkan sifat karakternya, superhero bisa dikelompokkan pada beberapa jenis superhero sebagai berikut:

  1. Anti Heroes
    anti heroes, adalah tipe superhero yang bertindak bukan berdasarkan etika moral dan sistem hukum sosial yang biasa diterapkan oleh para superhero klasik, mereka yang masuk ke dalam tipe Anti-Heroes ini biasanya memiliki sifat anti sosial, dan tidak segan-segan bertindak sendiri dan cenderung beraksi brutal dan kejam dalam menegakkan kebenaran dan keadilan (dalam perspektif mereka sendiri). Mereka yang tergolong dalam kelompok ini diantaranya Adalah Wolverine, Green Arrow, The Punisher dan Daredevil.
  2. Government Support
    Beberapa karakter superhero diciptakan dan bekerja untuk pemerintah untuk mengabdi kepada kepentingan nasional sebuah negara dan melindungi bangsa dari ancaman. Contoh dari superhero tipe ini adalah Captain America, Captain Britain dan Alpha Flight, yang diceritakan merupakan tim superhero dari Kanada
  3. Public Heroes
    Public Heroes, adalah superhero yang tidak memiliki identitas rahasia, seperti kebanyakan tokoh superhero lainnya. Mereka biasanya secara terang-terangan membuka identitas mereka di masyarakat. Contoh dari superhero yang masuk dalam kelompok ini adalah The Fantastic Four,The Ultimates, dan beberapa superhero Marvel setelah alur cerita Civil War.
  4. Rages
    superhero jenis ini sebenarnya lebih cocok untuk berada pada kategori anti hero, akan tetapi alter-ego yang dimiliki superhero tipe ini memiliki sifat yang berlawanan dengan karakternya. Ia digerakkan oleh kekuatan yang luar biasa dan bersifat destruktif, sehingga tak jarang superhero jenis ini juga merupakan musuh bagi beberapa superhero lainnya. Satu-satunya superhero yang memiliki karakterisasi seperti ini adalah Hulk
  5. Multi Identities
    beberapa tokoh superhero diketahui menyandang nama yang sama dengan kekuatan yang relatif sama. Akan tetapi sifat penggunaan nama yang sama ini adalah kondisional, yaitu apabila mereka memiliki kekuatan dan misi yang sama, pemegang nama sebelumnya pensiun, meninggal atau beralih dengan alter-ego yang baru. Contoh superhero yang menyandang nama yang sama adalah Green Lantern, Flash dan Robin. Untuk membedakan mereka, para penulis dan seniman komik biasanya menambahkan identitas asli di belakang nama mereka, seperti Flash Jay Garrick, Flash Wally West atau Green Lantern John Stewart, Green Lantern Hal Jordan.
  6. Extraterrestrials
    Superhero yang masuk dalam kategori ini adalah para makhluk hidup atau manusia dari planet lain ataupun dunia lain yang mengabdikan dirinya untuk melindungi bumi sebagai rumah mereka. Beberapa contoh superhero yang ada dalam kategori ini adalah Superman, Martian Man Hunter, Hawkman dan Silver Surfer.
  7. Mythological
    superhero yang masuk dalam kategori ini umumnya memiliki asal usul yang terkait dengan kisah-kisah mitologi yang ada, seperti tokoh Thor dan Hercules dari marvel yang merupakan tokoh-tokoh dewa dan pahlawan dalam mitologi kuno yang intepretasikan kembali sebagai superhero. Kasus lain seperti yang terdapat di dalam kisah Wonder Woman yang asal usulnya terkait dengan legenda pejuang perempuan yunani kuno yaitu kaum Amazon. Untuk indonesia sendiri, tokoh Sri Asih, asal usulnya terkait dengan Legenda Dewi Sri.
  8. Demonic
    superhero yang termasuk dalam kategori ini pada umumnya memiliki kekuatan yang berasal dari kegelapan. Mereka digambarkan memiliki kekuatan yang berasal dari roh jahat, akan tetapi mereka justru menggunakan kekuatan tersebut untuk balas dendam dan kebaikan (berdasarkan moral yang dimiliki oleh para hero tersebut). Mereka yang masuk dalam kategori ini adalah Spawn dan Ghost Rider
  9. Villains Turns to Heroes
    Beberapa super villains atau penjahat super diceritakan berbalik memihak kebaikan (baik secara permanen maupun sementara) karena kompleksitas kepribadian dan etika moral dari mereka sendiri. Mereka diantaranya adalah Venom dan Catwoman.
  10. Comedic
    karena genre superhero begitu populer dan sangat dikenal, maka muncul cerita-cerita parodi superhero yang bersifat komedi seperti The Incredibles, The Tick ataupun dimunculkan dalam beberapa kisah lain seperti The RadioActiveman yang terdapat dalam serial The Simpson.

Dari karakter-karakter superhero di atas, termasuk karakter apa superhero favorit?

Daftar pustaka

http://www.stdi.ac.id/jenis-karakter-dalam-komik/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s